Mendongeng & Kumpulan Podcast Cerita Anak

Bagi anak-anak dibacakan cerita atau didongengkan sebelum tidur adalah hal wajib ! (he he he) Memang kenapa bang jholay ?. Saya sendiri sudah merasakan manfaatnya – ketika kecil, sebelum tidur saya selalu didongengkan cerita-cerita fiksi dan non fiksi oleh ibu (keseringan fiksi si tapinya). Cerita ibu biasanya bertema cerita rakyat, legenda, bahkan cerpen dari majalah atau koran. Apa yang saya rasakan ketika itu ? Itu asli gan, saya sebelum tidur akan otomatis berimajinasi dan membentuk pola atas apa yang ibu saya bacakan kepada anak-anaknya. Apalagi sambil bercerita, ibu sesekali mengelus kepala saya, kemudian ketika sudah terkantuk ibu akan mencium kening, dan saya pun otomatis akan tertidur lelap dan bermimpi indah.

Ketika ibu bercerita – “Air terjun di dalam hutan itu sangat jernih, bila hujan rintik-rintik pelangi akan terbentuk indah di antara bebatuan besar, dipadu dengan kicauan burung pasti membuat betah setiap orang desa yang melintas disana”. Itu otomatis saya akan membayangkan bagaimana bentuk air terjun yg jernih, ada pelanginya, merasakan kesejukannya, merasakan hembusan angin dan membentuk fantasi-fantasi (yang setelah saya sadari, ternyata itu keren banget buwat perkembangan otak).  Dongengan ini akan melatih daya khayal & imajinasi anak, dimana kemampuan ini sangat penting bagi anak kelak untuk berinovasi dan berpikir kreatif  ketika memecahkan problem-problem kehidupan.

Pliz ya,  jangan tautkan problem kehidupan itu selalu identik dengan permasalahan rumah tangga (hanya pasutri berpasangan sempitlah yang berpikir seperti ini, he he he).  mengurai kemacetan dengan mode transportasi baru, membuat pembangkit listrik non BBM, Menyetrika tanpa setrika, Mencuci & menjemur baju dengan otomatis, dan problem lain yang butuh inovasi – juga adalah problem kehidupan.  Hanya mereka pemilik daya khayal tinggi dan kreatif yang bisa memecahkan problem-problem tadi, tentu saja  kita menginginkan anak kita  menjadi salah satunya.

Kembali lagi ke dongeng mendongeng. Tentu saja setelah bercerita ibu akan capek, dan kegiatan ini harus tetap berulang setiap hari. Karena yakinlah si anak akan ketagihan didongengkan oleh orang-tuanya. Untuk mengatasinya Bunda sekarang bisa mengunduh cerita yang ingin disetel di  http://indonesiabercerita.org/ lalu kopikanlah ke perangkat handphone, ipod, iphone, atau alat pemutar musik apa saja.

Dengan adanya kumpulan podcast ini, saat bunda lagi capek, cukup download saja salah satu podcast, lalu putar di device dan setelkan kepada sang anak. Asik kan ? Ah, menarik sekali ya – kita bisa mendengar cerita dari orang lain, dan cerita kita bisa juga didengarkan oleh anak-anak lain di seantero nusantara.

Semoga ayah bunda tidak bosen-bosen mendongeng kepada para buah hati. “Bunda….. ayo dongengin aku lagi….., aku udah mau bobo ni….” (teriak si bungsu di kamar).😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s