Bogor Tahun 1900

Palang Merah Eropa Cabang Buitenzorg (PMI Bogor) Tahun 1929-1930.

Cerita ini berawal dari hasrat saya pergi ke Bogor pada tahun 1900-an lewat pintu ajaib  di tempat ini. Agar bisa dinikmati tanpa terus terkoneksi ke internet, maka pemandangan di pintu tersebut haruslah diunduh satu persatu. Wah hampir seribu gambar, alamat jari keriting dan pening kepala. Karena itu dibuatlah perkamen sederhana untuk mengotomasi pekerjaan tersebut. Perkamen ini akan mengunduh semua gambar (resolusi penuh) pada pintu ajaib itu. Isi perkamen ada dibagian bawah.

Setelah proses pengunduhan selesai, koleksi ini saya nikmati satu persatu, takzim sekali rasanya melihat Bogor tahun 1900-an. Semua ilmu teknik konstruksi, tata kota, pertanian, veteriner, dsb adalah hasil pengajaran Belanda untuk Indonesia. Kebun Raya Bogor, De Middelbare Landbouwschool (Insitut Pertanian Bogor), De Europese afdeling van het Rode Kruis Ziekenhuis Buitenzorg (Rumah Sakit PMI), Bendungan Empang, Bendungan Katulampa, Het Station Van Buitenzorg (Stasiun kereta Bogor), Protestant church at Buitenzorg (Gereja Zebaoth), Herbarium, Jalan Raya Pajajaran, Jl.Raya Ahmad Yani, duh sampe cape nyebutinnya – semuanya adalah hasil penerapan teknologi milik Belanda.

Jadi ada untungnya juga Belanda datang menjajah. Setidaknya mereka sedikit mentransfer teknologi Eropa-nya ke Indonesia. Saya belum bisa membayangkan apa jadinya kota hujan tanpa kehadiran Belanda. Kira-kira, waktu di Indonesia masih zaman kerajaan, gimana ya keadaan di belahan bumi lain ?

Bonus:
* http://id.wikipedia.org/wiki/Garis_waktu_sejarah_Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s