Gara-gara password

“Lupa lagi, lupa lagi. #tepokJidat “. Banyak banget layanan yang saya gunakan di internet,  ya imel, ya photo sharing, ya chatting, ya blogging, ya nungging #eh.

Demi alasan keamanan, tiap layanan yang saya gunakan passwordnya beda-beda. Masing-masing pakai kombinasi 4l4y, frase, dan tanda baca. Ternyata alasan ini lebih dekat dengan kebodohan daripada kata aman. Persis banget gambar ini deh pokoknya.

Setelah bosan menekan tombol “forgot password” tiap akan login. Akhirnya dieksekusilah  misi pembuatan passphrase untuk semua akun pribadi, dengan target saya mendapatkan kombinasi kata yg mudah diingat. Setelah nyekar ke mbah gugel, akhirnya ketemulah sekrip python ini. Gambar di atas disadur dari tautan yang sama. https://github.com/redacted/XKCD-password-generator

Sekrip tersebut adalah generator passphrase dengan algoritma xkcd. Passphrasenya diciptakan menggunakan daftar kata dalam bahasa inggris. Saya pinginnya dalam bahasa Indonesia. Karena berkasnya belum ada, maka diadakanlah aksi penyedotan kamus bahasa indonesia di kateglo. Sekripnya disimpen di bagian akhir artikel ini. Ceprat-ceprot, yak unduhan selesai. Sekarang jalankan sekrip dengan  kamus bahasa indonesia sebagai berkas acuan. Ceprat-ceprot, jreng-jreng. Yak 3 jam lebih terbuang sia-sia dengan tergenerate-nya passphrase bodoh yg masih susah untuk saya ingat. xD

lengkai aba-aba kenaifan doktor
mengogok kemalai mendompak mengilat
ludes air alam kepunyaan menelepon
basuh bergesel berbutir kepapaan

Tepat sekali, bukan password atau passphrasenya yg salah. Saya aja yg keterlaluan, masa nyari kombinasi yg mudah diinget aja susah banget. Bagaimana lagi ya mencari passphrase yang oke ?. Ade Ide ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s