5 hal yang harus disegerakan

Imam Ibnu Hatim menerangkan bahwa ada 5 (lima) hal yang harus disegerakan. Pertama, menjamu tamu. Jangan ditunda-tunda dalam memberi suguhan kepada tamu. Jangan ditunda-tunda sampai tamu tersebut hendak pulang, segerakanlah.

Kedua, menguburkan jenazah.

Ketiga, menikahkan anak gadis jika sudah datang jodohnya. Ini perlu disegerakan, karena jika ditunda-tunda bisa menimbulkan fitnah. Bagi para orangtua yang punya anak gadis dan sudah datang jodohnya, jika sudah istikhoroh dan cukup syarat dan rukunnya, maka segerakan menikahkan mereka. Ditunda-tunda hanya akan mengundang maksiat.

Keempat, menyegerakan bayar utang. Utang adalah urusan yang penting. Utang perlu disegerakan untuk dilunasi, karena utang bisa menjadi penghalang kebahagiaan di akhirat. Orang yang punya utang tapi tidak berniat melunasi, maka pencuri namanya. Orang yang punya utang, sudah diberi kemampuan untuk melunasi oleh Alloh, tapi dia tetap tidak melunasi, maka zholim namanya.

Kelima, taubat. Inilah urusan yang paling besar di antara lima urusan yang perlu disegerakan. Taubat jangan ditunda-tunda. Setiap perbuatan dosa sekecil apapun segeralah taubati seiring tekad untuk tidak mengulanginya lagi. Menunda-nunda taubat sama saja seperti menantang takdir, karena saat pintu taubat masih terbuka lebar tidak dimanfaatkan sebaik mungkin untuk bertaubat. Padahal kematian tidak pernah diketahui kapan dan dimana datangnya.

Sumber:
http://www.smstauhiid.com/lima-hal-yang-perlu-disegerakan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s